Halaman

Daftar Blog Saya

Sabtu, 19 Mei 2012

Adat jelek penyebab hutang

Utang bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja secara kebetulan atau tanpa sengaja terjadi. Ada kebiasaan pengeluaran tertentu yang mengarah pada utang. Menyadari kebiasaan ini sekarang bisa menghemat banyak uang dan menghindari stres dikemudian hari. Jika anda ingin berhenti menciptakan lebih banyak hutang, anda harus menghilangkan kebiasaan buruk sebagai berikut:

1. Menghabiskan uang melebihi pendapatan bulanan.

Secara logis , berpikir bahwa tidak mungkin untuk menghabiskan Rp.6 juta setiap bulan ketika gaji anda hanya Rp.2 Juta. Kenyataannya menghabiskan lebih dari yang anda hasilkan  lebih mudah daripada yang anda pikirkan dan anda mungkin melakukannya tanpa harus menyadari. Membelanjakan uang tabungan, meminjam dari orang lain dan menggunakan kartu kredit adalah cara ampuh untuk menghabiskan uang lebih dari penghasilan anda. Anda dapat melakukan hal ini selama beberapa minggu atau bulan, tetapi cepat atau lambat, kebiasaan konsumtif ini akan menjerat anda. Sebelum Anda menyadarinya, tabungan telah habis, kartu kredit anda overlimit dan anda tidak dapat meminjam uang lagi.


Jaga batas pengeluaran dibawah  penghasilan bulanan, hidup sesuai kemampuan  dan tidak menciptakan utang.

 

2. Membelanjakan uang yang tidak anda miliki.

Menghabiskan lebih banyak uang yang tidak anda memiliki atau uang anda belum didapatkan dengan menggunakan kartu kredit dan mengambil pinjaman. Bila anda menggunakan instrumen ini untuk membayar tagihan dan melakukan pembelian, anda sedang menciptakan utang. Jika anda tidak dapat membayar hutang setiap bulan, hutang akan terus berkembang ditambah beban bunga.

3. Menggunakan kredit untuk konsumsi.

Anda harus menggunakan uang tunai untuk melakukan pembelian sehari-hari seperti bahan makanan, gas, pakaian dan hiburan. Daya tarik kartu kredit adalah kemampuan membayar kemudian untuk barang yang anda beli sekarang. Perlu dicermati  bahwa anda cenderung untuk membayar tagihan kartu kredit  untuk barang yang  sudah dikonsumsi. Menggunakan kartu kredit dan bukan uang tunai merupakan kebiasaan buruk, terutama bila anda tidak membayar tagihan kartu kredit anda secara penuh setiap bulannya.

Beberapa kartu kredit memiliki program reward yang memungkinkan anda mendapatkan uang tunai, Award Miles ( untuk penerbangan ) atau poin dengan pulsa pada kartu kredit. Jika anda memilih untuk memaksimalkan penghasilan anda dengan hadiah point, pembayaran penuh adalah pilihan terbaik.

4. Menggunakan kartu kredit ketika memiliki uang tunai.

Kebiasaan jelek yang menyebabkan utang adalah memilih kredit untuk berbelanja ketika anda  memiliki uang tunai. Anda mungkin ingin mendapatkan barang (atau jasa) tanpa harus membayar untuk itu, tetapi kenyamanan itu membutuhkan biaya pada uang dari dompet anda. Kemungkinannya adalah, jika anda tidak ingin membayar untuk itu hari ini, anda tidak akan mau membayar untuk itu di esok hari.

Untuk mengubah kebiasaan buruk ini, anda harus  membayar dengan uang dari penghasilan anda untuk sesuatu yang di inginkan. Sadarilah bahwa ketika anda  menunda pembayaran penggunaan kredit, anda akan membayar lebih besar daripada jika anda membeli dengan uang tunai.

5. Menggunakan hutang untuk melunasi utang.

Bila anda menggunakan kartu kredit atau KTA untuk melunasi hutang, anda tidak menyelesaikan hutang apapun. Transfer tagihan memiliki biaya transaksi dan pinjaman yang paling  kecil pun memiliki semacam uang muka atau biaya profisi. Jadi bila anda menggunakan utang untuk melunasi utang, anda berakhir lebih buruk daripada ketika anda memulai.

Penggunaan hutang untuk "membayar" utang mungkin akan bermanfaat jika anda dapat mentransfer tagihan dari  suku bunga kartu kredit yang tinggi untuk kartu lain yang lebih rendah tingkat bunga-nya. Namun anda harus berhati-hati bahwa biaya transfer balance tidak serta merta meniadakan bunga dan bahwa pasca-promosi ,tingkat suku bunga tidak lebih buruk dari tingkat sebelumnya.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar