Halaman

Daftar Blog Saya

Jumat, 18 Mei 2012

Kegagalan memulai usaha sendiri 02199687811

Bagi wirausaha pemula yang baru memulai usaha untuk pertama kali, tidak jarang ada beberapa masalah hukum yang lepas dari pantauan. Biasanya hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman dan pengetahuan mengenai masalah hukum yang berkaitan dengan bisnis. Masalah ini mungkin terlihat tidak begitu penting pada awalnya, namun dapat menentukan keberhasilan usaha Anda nantinya.

 
Berikut adalah kesalahan yang berkaitan dengan hukum, yang kerap dilakukan oleh wirausaha pemula:
 

Mengadakan kerja sama dengan klien tanpa adanya surat perjanjian. Jangan mengadakan kerja sama dengan pihak lain hanya berdasarkan kepercayaan tanpa adanya perjanjian tertulis. Meskipun mereka adalah teman atau kerabat Anda. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, maka sebaiknya selalu tulislah perjanjian di atas kertas usaha Anda dengan dengan siapapun klien dan partner Anda. 

Bekerja sama dengan partner tanpa perjanjian yang jelas. Sama seperti perjanjian dengan klien, perjanjian tentang status kepemilikan Anda dan partner dalam perusahaan sangat penting. Anda harus menetapkan batasan yang jelas antara kewenangan Anda dan partner. Sehingga di kemudian hari tidak terjadi hal seperti perebutan kekuasaan dan sebagainya. 

Berpartner dengan sistem 50-50. Pada awalnya sistem ini mungkin terlihat seperti sebuah sistem yang fair. Namun bila nanti terdapat masalah yang mengharuskan Anda mengambil keputusan dan ternyata Anda dan partner memiliki pendapat yang berbeda, tentunya ini akan membuat Anda berdua stuck karena tidak ada yang memiliki wewenang lebih tinggi. Untuk menghindarinya, cobalah sistem kepemilikan dengan pembagian 51-49. Sehingga salah satu memiliki wewenang untuk mengambil keputusan kritis pada saat dibutuhkan. 

Membuat nama perusahaan dan trademark tanpa melakukan riset yang cukup. Jangan sampai Anda tiba-tiba harus membayar banyak karena dituntun oleh perusahaan lain yang telah memiliki hak paten atas brand yang Anda pakai.
 
Selamat memulai usaha Anda dan jaga masalah masalah di kemudian hari
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar