Halaman

Daftar Blog Saya

Jumat, 25 Mei 2012

Jika anda ingin menjadi luar biasa maka berbuatlah seperti yang bukan orang biasa lakukan
Ada yang mestinya saya dan anda sesali dalam hidup ini. Sejak dulu saya selalu menjadi orang kebanyakan. Artinya, tidak ada yang istimewa dari saya. Di sekolah, saya hanya pelajar biasa, dalam pergaulan juga saya biasa-biasa saja. Di lingkungan keseharian saya, saya tidak membawa pengaruh yang berarti. Saya sama dengan teman, tetangga, dan orang-orang di sekitar saya. Tidak ada perbedaan mencolok yang membuat saya berbeda dengan orang-orang itu. Ditambah lagi, saya sering menerima nasehat dari simbah saya,

" Le, ojo neko-neko. Dadi wong kui sing anteng, gak usah golek masalah"

(artinya: Sudahlah, jangan macam-macam. Jadi anak yang tenang saja, ikuti aturan jangan suka cari masalah)
Lalu sampai pada suatu saat, guru saya pernah memberi nasehat, katanya bahwa seseorang itu bernilai adalah karena apabila dia datang dia menggenapkan, dan akan mengganjilkan bila dia pergi. Artinya, keberadaannya mempunyai pengaruh, pun ketidak-adaan-nya. Ketika ada, kehadiran kita menjadi pengaruh berarti, dan ketika kita tidak adapun kita adalah sosok yang dirindukan. Bukankah para pelaku yang mewarnai sejarah dunia adalah orang seperti ini? Yes!
Jangan sampai kita menjadi orang yang 'mubah', artinya: ada dan tiadanya kita, tidak membawa efek apapun! Ini serem banget bo! Apa enaknya jadi seperti itu? Bahkan seekor tikus yang kotor dan kita bencipun punya peran penting dalam ekosistem. Bahkan tikus dapat menjadi petunjuk saat banjir datang. Pertanyaan yang harus bisa saya dan anda jawab sekarang: APAKAH PERAN SAYA bagi dunia?
Ada  2 kunci yang harus dipunyai untuk menjadi berbeda:
Bagaimana saya membuat nilai tambah (value added) bagi diri saya
Bagaimana menemukan keunikan (uniquness) pada diri saya
Dua hal itu sangat penting. Karena orang akan mencari seseorang yang memiliki kemampuan lebih (nilai tambah); dan orang juga akan selalu tertarik pada orang yang mempunyai ciri unik tertentu (uniqueness). Yess…people are unique! 


Ilustrasi:
Misalkan saya adalah satu-satunya anggota kelompok yang pintar menyanyi, maka nilai tambah kita sangat tinggi, karena yang lain tidak pandai menyanyi. Tapi jika saya (yang pandai menyanyi ini) berada di lingkungan orang yang sama-sama penyanyi, maka saya tidak memiliki nilai tambah lagi. Saat inilah keunikan perlu. Saya harus mempunya gaya, bentuk dan cara menyanyi yang berbeda agar berprestasi dan menonjol.
Keunikan bisa dicari dari:
Style (gaya): cara bicara, cara berjalan, cara bergaul, cara yang berbeda
Size (ukuran): paling besar, paling kecil, paling….
Shape (bentuk): bentuk wajah, bentuk tubuh, dsb
Temukan keunikan yang ada di diri kita. Kadang sebuah kelemahan, atau yang selama ini kita anggap 'kelemahan' kita justru menjadi sebuah hal unik yang membedakan kita dengan orang lain. Pokoknya, jangan pernah berpikir jadi orang yang biasa-biasa saja, saya harus luar biasa!
Latihan kreatifitas untuk menjadi orang luar biasa dapat dilakukan dari hal-hal kecil. Latihlah diri melakukan kebiasaan yang jarang dilakukan orang lain. Misalnya, memilih lagu atau jenis musik yang jarang disukai orang, atau pilihlah sekalian yang bertolak belakang dengan 'trend'. Mencoba mengkonsumsi makanan yang belum pernah kita makan selama ini. Atau apabila biasa menulis dengan tangan kanan, cobalah berlatih menulis dengan tangan kiri.
Atau, cobalah bernafas bergantian, lubang hidung kanan, bergantian dengan lubang hidung kiri…hihihihihi
(Yang penting kita tidak melanggar norma agama tho?)
Intinya, berpikirlah keluar dari batas-batas biasa/lazim. Keluarkan ide-ide gila, bahkan meski ide gila tersebut 'terlihat' mustahil. Just do it. Dengan berpikir seperti orang gila, kita akan bebas dari takut resiko gagal. Berpikir gila, sebenarnya nyaris tanpa resiko. resikonya paling kita di bilang GILA, tapi jika ide kita berhasil, kita akan jadi sangat istimewa, dan gantian bilang: Sekarang siapa yang GILA??? hehehehehehe
Oke…selamat jadi gila…eh kreatif
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar