Halaman

Daftar Blog Saya

Sabtu, 19 Mei 2012

Deptcolektor kejar nasabah menggunakan facebook

Hati-hati, profil Facebook anda bisa jadi senjata makan tuan. Jejaring sosial tersebut bisa menampilkan seluruh kehidupan anda jika tidak berhati-hati.

Hal-hal seperti ini yang akhirnya dimanfaatkan pihak lain, termasuk pihak yang sedang mengejar Anda, seperti debt collector alias penagih utang.

Penelitian terakhir yang dilakukan anak usaha Fox di Denver, KDVR, menunjukkan perusahaan outsourcing penagih utang sangat terbantu dengan maraknya sosial media dewasa ini. Para perusahaan ini merasa banyak sekali informasi yang bisa dihimpun mengenai targetnya hanya dengan mempelajari profilnya.

"Debt collector bisa membuat profil Facebook palsu dan mencoba berteman dengan Anda supaya bisa menyerap lebih banyak informasi," kata Perencana Keuangan Denisa Tova dikutip dari CNBC, Kamis (26/4/2012),

Menurutnya, ini bukanlah strategi yang baru, para debt collector ini sudah menggunakan Facebook sejak bertahun-tahun lalu untuk mempelajari targetnya. Bahkan, tak jarang pula sampai mem-posting tagihan utang di wall profile si target.

Tahun lalu, Komisi Perdagangan AS sudah menerima banak keluhan dari masyarakat mengenai perilaku debt collectors ini. Padahal, perbuatan debt collector ini tidak melanggar hukum karena memang sudah tugasnya menagih utang dengan segala cara.

Sosial media hanyalah satu dari banyak instrumen yang sering digunakan oleh para debt collector ini terhadap targetnya. Bahkan, semakin lama para debt collector ini bisa semakin agresif, seperti yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu, yaitu meninggalnya nasabah.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar